8.12.2.2 Kegiatan 1. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring
Untuk melakukan reviu perangkat pembelajaran yang memuat unsur-unsur inovatif berbasis HOTS dengan pendekatan TPACK dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut
- Apakah RPP sudah inovatif? jelaskan!
- apakah RPP mengandung pesan moral untuk mengembangkan karakter siswa? jelaskan!
- Apakah LKPD sudah memuat unsur-unsur TPACK? jelaskan!
- Apakah bahan ajar bersifat kontekstual bagi siswa? jelaskan!
- Apakah soal asesmen sudah memenuhi unsur-unsur HOTS? jelaskan!
Langkah-langkah kegiatan:
- Tuliskan jawaban Saudara dalam diskusi kelompok di Grup Saudara,
- Cermati tanggapan dosen/guru pamong untuk perbaikan
- Tuangkan hasil diskusi kelompok bersama semua peserta di kelas
- Cermati dan tanggapi jawaban kelompok lain untuk memperkaya pengetahuan Saudara dalam reviu awal pengembangan perangkat pembelajaran daring
- Tuangkan reviu awal ini dalam bentuk dokumen dan
- Unggahlah hasil reviu ke Produk Peserta.
- Apakah RPP sudah inovatif? jelaskan!
RPP yang saya kembangkan menurut saya sudah inovatif karena sudah memuat unsur-unsur inovatif dan RPP digunakan pembelajaran secara online yang menggunakan dukungan teknologi seperti Microsoft Office 365, Youtube, Whatsapp, dan software yang dibutuhkan
- Apakah RPP mengandung pesan moral untuk mengembangkan karakter siswa? jelaskan!
RPP yang saya susun sudah mengandung pesan moral termuat dalam kompetensi inti peserta didik harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penerapaan PPK (Penguatan pendidikan Karkater)
- Apakah LKPD sudah memuat unsur-unsur TPACK? jelaskan!
LKPD yang saya susun sudah memuat unsur TPACK karena dapat dikerjakan secara online di Office 365 dan dapat berkolaborasi antar peserta didik
- Apakah bahan ajar bersifat kontekstual bagi siswa? jelaskan!
Bahan ajar yang dibuat bersifat kontekstual agar mudah diakses dan dipelajari peserta didik dengan perangkat yang dimiliki dalam LMS sekolah
- Apakah soal asesmen sudah memenuhi unsur-unsur HOTS? jelaskan!
Soal asesmen sudah memenuhi unsur HOTS sesuai tujuan pembelajaran yang hendak walaupun ada beberapa soal yang belum HOTS dan soal yang dibuat menyesuaikan karakteristik serta kemampuan peserta didik dan ketersediaan sarapa dan prasarana yang dimiliki