8.12.2.3 Kegiatan 2. Menganalisis Rekaman Video Praktik Pembelajaran
Langkah-langkah kegiatan :
- Tuliskan hasil analisis dan rambu-rambu pembuatan video praktik pembelajaran dalam diskusi kelompok di Grup Saudara
- Cermati tanggapan dari Dosen/Guru Pamong untuk perbaikan
- Tuangkan hasil diskusi kelompok bersama semua peserta di kelas
- Cermati dan tanggapi hasil diskusi kelompok lain untuk memperkaya pengetahuan Saudara dalam analisis video pembelajaran
- Tuangkan hasil analisis dan rambu-rambu pembuatan video dalam bentuk dokumen
- Unggah dokumen analisis ke produk peserta.
1. Menganalisis perbedaan, persamaan, kelebihan, dan kekurangan kedua video praktik pembelajaran tersebut
- Persamaannya sudah ada diskusi kelompok dan presentasi, video pertama sebenarnya cukup bagus tetapi pada tujuan pembelajaran belum termuat dalam video tersebut pada awal pembelajaran, siswa juga tidak diberi kesempatan untuk bertanya jawab, teknik pengambilan video perlu diperbaiki sedangkan pada video kedua lebih jelas dan lengkap Langkah-langkah pembelajarannya, teknik pengambilan video sudah jelas
2. Mengevaluasi kedua video berdasarkan unsur-unsur yang harus termuat dalam sebuah video praktik pembelajaran
Tahapan-tahapan pembelajaran seharusnya termuat dalam video
Menambahkan keterangan pada proses yang dilalui untuk menjelaska kegiatan yang berlangsung
Pengambilan Audio dan video lebih diperjelas
3. Merumuskan rambu-rambu pembuatan video praktik pembelajaran
Video harus memuat komponen utama pada RPP
Unsur keterampilan HOTS dan mengintegrasikan TPACK harus ada pada video
Praktik pembelajaran dilakukan sendiri sehingga tahapan dalm video sesuai dengan Langkah-langkah pembelajran
Menambahkan effect maupun animasi sesuai kebutuhan