Ticker

6/recent/ticker-posts

8.12.2.1 Koneksi

  8.12.2.1 Koneksi

Pada kegiatan ini, Saudara diminta melakukan curah pendapat mengenai  Reviu Awal Kelengkapan Perangkat  Pembelajaran.  dan Video Praktik Pembelajaran.

1

  • Reviu Komponen RPP

      RPP yang sudah disusun meliputi Identitas, KD,IPK dan Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran, metode, Sumber belajar dan Penilaian yang disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran

  • Revie Bahan Ajar

    Bahan Ajar yang disusun menyesuaikan kondisi saat ini namun tidak menghilangkan unsur-unsur baku meliputi Identitas, KD, Tujuan Pembelajaran dan disertai contoh soal formatif dan tes sumatif

  • Reviu LKPD

     Identitas, KD, IPK, TUjuan Pembelajaran, Kegiatan, Soal-soal, Komentar guru, Monitoring

  • Reviu Media Pembelajaran

     Media pembelajaran menggunakan aplikasi yang ada di LMS sehingga peserta didik membuka link yang sudah diberikan tentang materi yang akan dibahas dan pada chanel youtube

  • Reviu Evaluasi Pembelajaran
    Evaluasi pembelajaran yang disusun dengan melampirkan instrumen penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan disertai rubrik penilaian, instrumen soal dan kisi-kisi
Question #2

2

  • Unsur HOTS Pada RPP

      Untuk pemenuhan unsur HOTS RPP sesuai langkah-langkah pembelajaran yaitu pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik dengan memakai kata kerja operasional taksonomi bloom paling tidak pada taraf C4.

  • Unsur HOTS pada Bahan Ajar

      Untuk unsur HOTS bahan ajar dan evaluasi pembelajaran terlihat pada soal yang diberikan pada peserta didik tingkat apabila sudah pada taraf C4 berarti sudah memenuhi unsur HOTS.

  • Unsur HOTS pada LKPD

      Dengan menambahkan kata kerja operaisonal taksonomi bloom paling tidak pada level taraf C4  dengan membuat soal yang merangsang peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi dan aktif.

  • Unsur HOTS pada Media Pembelajaran

      Merancang media pembelajaran yang minmbulkan daya tarik dan berpikir kreatif serta kritis  sehingga dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan


Question #3

3

  • Reviuw Pemenuhan TPACK pada RPP

     Pembuatan dan perancangan RPP dilakukan menggunakan aplikasi yang mendukung pembelajaran daring dan juga pada software pendukung yang digunkana dalam PJJ

  • Reviuw Pemenuhan TPACK pada Bahan Ajar

     Bahan ajar menggunakan aplikasi yang mendukung dan dibuat pdf

  • Reviuw Pemenuhan TPACK pada LKPD

     Membuat soal dan diskusi yang dapat diakses secara online

  • Reviuw Pemenuhan TPACK pada Media Pembelajaran

      Menggunakan software Microsoft sway dan screen recorder dan edting video filmora

  • Reviuw Pemenuhan TPACK pada Evaluasi Pembelajaran

     Menyusun soal yang dapat diakses secara online


Question #4

4

Untuk review video pembelajaran dengan perbaikan konten pada video agar lebih jelas,menggunakan ilustrasi atau narasi yang bervariasi sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dan dipahamai peserta didik. Perbaikan effect transisi baik sound atau background yang tidak menutupi konten di video pembelajaran

Question #5

5

Penerapan STEAM, HOTS, TPACK pada RPP, Bahan ajar atau perangkat yang disusun karena dalam materi tidak semua bisa diimplementasikan dalam RPP yang dibuat


Question #6

6

Dari video praktik pembelajaran sebagai bahan evaluasi bagi kita agar selanjutnya lebih baik dalam proses pembelajaran, sehingga menimbulkan ide/gagasan yang dapat dilakukan