A. Pemrograman
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu menuju bioskop, memilih ilm yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya, membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer.
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Komputer meminta pengguna untuk memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut sebagai 'kode'.
B. Scratch
Aktivitas yang akan kalian lakukan menggunakan aplikasi Scratch yang dapat diakses secara online maupun di-install langsung di komputer kalian.
1. Membuat Akun
- Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, lalu daftarkan akun yang dimiliki dan ikuti sesuai langkah.
- Username dan password yang digunakan perlu diingat dan dicatat jika perlu
- Gunakan selalu akun yang sama untuk akses Scratch sehingga tersimpan semua hasil kerja kalian
- Apabila sudah memiliki akun,
kalian bisa langsung masuk/
login menggunakan akun yang
sesuai dengan memilih menu
Sign in di bagian atas kanan
menu.
- Setelah berhasil login, akan
muncul halaman home,
contohnya:
- Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.
- Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G).
- Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).
- Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.
- Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.
- Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.
- Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.
- Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.
- Menu H: Nama proyek yang dibuat.
3. Events Block
2 Komentar
Icikiwirr
BalasHapusIcikiwir
Hapus