Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 Algoritma dan Pemrograman

A. Pemrograman

Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu menuju bioskop, memilih ilm yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya, membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer.

Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan. Komputer meminta pengguna untuk memberi serangkaian instruksi yang diperintahkan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan. Perintah yang dipahami oleh komputer disebut sebagai 'kode'.

B. Scratch

Aktivitas yang akan kalian lakukan menggunakan aplikasi Scratch yang dapat diakses secara online maupun di-install langsung di komputer kalian.

1. Membuat Akun


  • Pilih Join Scratch di bagian kanan atas menu, lalu daftarkan akun yang dimiliki dan ikuti sesuai langkah.
  • Username dan password yang digunakan perlu diingat dan dicatat jika perlu
  • Gunakan selalu akun yang sama untuk akses Scratch sehingga tersimpan semua hasil kerja kalian
  • Apabila sudah memiliki akun, kalian bisa langsung masuk/ login menggunakan akun yang sesuai dengan memilih menu Sign in di bagian atas kanan menu. 


  • Setelah berhasil login, akan muncul halaman home, contohnya: 

 2. Mengenal “Universe” Scratch

  • Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.
  • Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). 
  • Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).
  • Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.
  • Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek.
  • Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.
  • Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.
  • Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.
  • Menu H: Nama proyek yang dibuat. 

B. Eksplorasi Fungsi Dasar

1. Motion Block Motion 
    Block diberi kode warna biru muda dan digunakan untuk mengontrol gerakan sprite. Blok ini hanya     dapat digunakan untuk sprite, dan terdiri dari 18 Motion Block

2. Looks Block 
    Looks Block diberi kode warna ungu dan digunakan untuk mengatur penampilan sprite. Blok kode        ini dapat digunakan mengubah kostum dan menerapkan efek grafis pada sprite, terdiri dari 22 Looks     Block, dan hanya 14 blok kode hanya dapat digunakan pada sprite, dan 4 hanya untuk stage.


3. Events Block
    Events Block memiliki warna cokelat cerah dan digunakan untuk mendeteksi suatu peristiwa yang        memicu script untuk dijalankan. Events block sangat penting untuk setiap project, karena tanpa blok     dari kategori ini, project tidak akan dapat dimulai kecualiengan menjalankan script secara manual,        terdiri dari 8 Events Block.

4. Sound Block
    Sound Block diberi kode warna pink atau magenta dan digunakan untuk mengontrol fungsi suara dan     MIDI, dan terdiri dari 9 Sound Block.

5. Control Block
    Control Block memiliki kode warna emas dan digunakan untuk mengontrol script, yang terdiri dari        11 blok kode Control block. 

6. Sensing Block
    Sensing Block memiliki kode warna biru muda. Sensing Block digunakan untuk mendeteksi faktor-       faktor yang berbeda dari suatu proyek. Sensing Block dapat digunakan untuk mengatur beberapa            sprite berinteraksi dengan diri mereka sendiri dan atau stage area.


7. Recording Sounds
    Scratch memiliki fitur merekam suara di bagian Sounds. Untuk melakukan rekam suara, dapat                menekan tombol di bagian bawah seperti pada gambar berikut :



Posting Komentar

2 Komentar