Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 Praktika Lintas Bidang Informatika

A. Pengembangan Artefak Komputasional

  • Objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional berupa kode program, aplikasi, situs web, foto/gambar, audio, video, presentasi, dan lainnya.
  • Dikembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu melalui proses iteratif yang mereleksikan ide dan kreatiitas penciptanya untuk membuat sesuatu menjadi lebih efektif, eisien, indah, menarik, dan lainnya.
  • Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan tools pengembangan, seperti software integrated development tools (IDE), aplikasi video editing, aplikasi perkantoran, 3D drawing dan printing, papan sirkuit Makey Makey dan bahasa pemrograman Scratch.
  •  Tools kolaborasi Google Drive, Google Docs, Oice 365, GitHub.
  • Contoh artefak komputasional adalah inovasi Komputasi yang tampak secara fisik seperti robot, drone, dan mobil otonom; inovasi nonfisik seperti perangkat lunak aplikasi seperti TikTok, Twitter, Tokopedia, Gojek dan lainnya; serta konsep seperti e-Commerce, tele-medicine.
B. Starter Makey Makey: Bermain dengan Alat

  • Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard. Kita dapat membuat alat masukan ke komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor
  • Konduktor merupakan sifat benda yang dapat mengantarkan arus listrik baik itu secara kuat atau lemah
  • Makey Makey sebagai papan sirkuit yang dapat menggantikan keyboard memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di bagian depan papan
  • Lubang bukan ground di bagian depan tersebut dapat digunakan untuk menggantikan tombol panah atas, panah kiri, panah bawah, panah kanan, spasi, dan klik.
  • Lubang tersebut dapat dihubungkan dengan klip buaya. Papan Makey Makey memiliki 12 masukan lainnya di bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse, yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan

C. Aktivitas Unplugged: Bermain Strategi
  • Aktivitas ini adalah aktivitas unplugged dengan permainan bernama “Tentukan Langkahmu!”
  • Permainan ini mengandung aspek PLB dalam konteks melakukan abstraksi dan berpikir membangun algoritma untuk menyelesaikan masalah. 
Berikut ini materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 Praktika Lintas Bidang  Informatika (fase D) yang bisa sobat unduh :

Ringkasan Materi Praktika Lintas Bidang  Informatika Fase D   Unduh disini






Posting Komentar

0 Komentar