Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Informatika SMP/MTs Kelas 7 Dampak Sosial Informatika || Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi (TI)

  • teknologi yang menggunakan komputer untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan) data atau informasi
  • sistem informasi dan sistem komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras, perangkat lunak, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna tertentu

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah Teknologi Informasi dengan peralatan komunikasi, seperti jaringan komputer, telekomunikasi, dan internet

1. Pengaruh TIK terhadap Kehidupan Masyarakat

a. Aktivitas keseharian

  • berbelanja di mall/pasar dengan online-shopping pada virtual mall seperti : Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya
  • pembayaran dapat dilakukan secara elektronik dengan electronic payment (e-payment) seperti: electronic-banking (e-banking) atau mobile-banking (m-banking), atau electronic-wallet (e-wallet)
  • membaca koran secara online, bertemu dengan saudara secara virtual dengan video conference, berkirim surat melalui surel, dan masih banyak yang lain
  • teknologi Internet of Things (IoT), kita juga bisa mengatur suhu kulkas, mematikan dan menghidupkan kompor listrik, dan mengatur peralatan lain di rumah dengan smartphone kita dari jauh

b. Pendidikan/e-learning

  • pembelajaran yang dilaksanakan secara elektronik baik dalam hal interaksi antara siswa dan guru, materi, dan aktivitasnya
  • interaksi siswa guru dilakukan dengan video conference, materi disajikan dalam bentuk video, e-books, dan file
  • pembelajaran bisa dilakukan dalam forum diskusi, kuis daring, dan tugas yang dikumpulkan secara daring
  • kolaborasi antarsiswa dilakukan dalam bentuk berbagi dokumen/share dokumen

c. Kesehatan

  • menggunakan tele-medicine dimana kita bisa bertemu dengan dokter secara virtual untuk berkonsultasi tentang sakit yang kita idap
  • dokter akan memberikan resep obat secara online yang langsung terhubung dengan apotek mengirimkannya ke alamat rumah kita

d. Perdagangan

  • perdagangan secara online disebut e-commerce. situs e-commerce besar, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll
  • barang dagangan pada e-commerce terdiri atas dua macam, yaitu barang isik dan barang nonisik seperti pulsa, e-book, lagu dll
  • pembayaran akan dilakukan dengan e-payment lewat kartu kredit/kartu debit atau dengan e-wallet

e. Pekerjaan

  • pekerjaan dilakukan dari rumah, di antaranya pengembang web, pengembang aplikasi, programmer, administrator jaringan TI, analis data, dan lainnya
  • Live streaming adalah cara penyajian konten yang dipancarkan (broadcast) secara real time melalui Internet, sedangkan streaming merujuk pada konten yang disajikan dan diputar secara bersamaan tanpa perlu sepenuhnya diunduh. Akses konten dari vlog (video log) atau Youtube secara teknis disebut dengan streaming

2. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi

a. Dampak Positif

1. Pengelolaan kegiatan keseharian

  • berdampak pada produktivitas yang meningkat
  • jadwal harian dapat diatur dengan menggunakan aplikasi calendar pada smartphone/gadget sehingga tidak terlupa dan kita dapat melaksanakan aktivitas tepat waktu
  • pembayaran tagihan bulanan dapat dilakukan secara otomatis dan periodik dengan e-banking sehingga tidak terlambat dan tidak kena denda
  • pembelian barang kebutuhan sehari-hari, pakaian, makanan juga dapat dilakukan secara daring dengan mudah
  • mengendalikan peralatan rumah tangga yang kita miliki secara jarak jauh ketika terhubung dengan internet yaitu teknologi IOT (Internet of Things)

2. Komunikasi dan hubungan sosial

  • TIK menyediakan fasilitas yang me mudahkan kita untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain
  • aplikasi e-mail, chat, video conference, dan situs media sosial, kita dapat mengadakan komunikasi, baik untuk urusan pribadi maupun urusan pekerjaan dengan mudah dan cepat
  • berkomunikasi dan berkolaborasi secara virtual aplikasi seperti Zoom, Google Meet, dan lainnya

3. Pencarian informasi dan berbagi informasi

  • mempermudah mendapatkan informasi.dengan mesin pencari (search engine)
  • informasi yang terbuka yang disajikan dalam berbagai bahasa, dalam bentuk ensiklopedia yang dibuat dan disunting oleh sukarelawan di seluruh dunia
  • informasi dapat dibagikan melalui surel, grup diskusi, dan aplikasi chat melalui grup pada aplikasi chat seperti Whatsapp, Telegram, maupun grup surel seperti Google Groups, dan Yahoo Groups

4. Hiburan

  • memberikan layanan untuk bermain games, memutar lagu, dan menonton video maupun film
  • membaca koran, majalah, dan komik secara online

5. Pendidikan

  • media belajar makin menarik dengan hadirnya multimedia yang interaktif
  • e-learning, pembelajaran jarak jauh, materi online, dan virtual learning
  • laboratorium virtual dengan menggunakan simulasi atau virtual reality

6. Lingkungan tanpa kertas (paperless)

  • menyimpan data, dan informasi dalam berbagai bentuk ile menyebabkan menurunnya. penggunaan kertasmenyimpan data, dan informasi dalam berbagai bentuk ile menyebabkan menurunnya penggunaan kertas

7. Pengembangan kecakapan hidup sehari-hari

  • tutorial “how to” seperti bagaimana mengisi tinta printer, bagaimana membetulkan mouse yang macet, bagaimana memasang roda sepeda, atau persoalan sehari-hari lainnya dapat dicari di internet
  • bidang kesehatan masyarakat, akses informasi kesehatan yang bermutu tinggi dapat membuat masyarakat terhindar dari penyakit, atau membantu penyembuhan penderita suatu penyakit

b. Dampak Negatif

1. Penyebaran informasi yang salah

  • penyebaran informasi/ berita bohong (hoax)
  • berita bohong sangat berbahaya karena berita ini bersifat menyesatkan dan dapat membuat pembacanya memandang sesuatu yang tidak benar (bohong) menjadi benar

2. Kecanduan internet dan game

  • aplikasi media sosial dan game yang makin menarik dapat menyebabkan kecenderungan terjadinya kecanduan internet dan game
  • kecanduan internet dan game juga berdampak pada kesehatan bisa menimbulkan kelelahan isik maupun mental

3. Cyberbullying

  • adanya media sosial membuat fenomena kekerasan dan ejekan (bullying) di internet

4. Berkurangnya aktivitas sosial

  • Survei APJII tahun 2018 tentang penggunaan internet di Indonesia menyebutkan bahwa kelompok terbesar pengguna internet (19.6%) menggunakan internet lebih dari 8 jam per hari

5. Berkurangnya aktivitas fisik

  • beraktivitas online, aktivitas isik kita makin berkurang

6. Potensi kehilangan pekerjaan

  • perkembangan teknologi terus mengarah ke otomatisasi ini sehingga berpotensi menghilangkan pekerjaan manusia

7. Potensi korban kejahatan

  • kejahatan cyber makin meningkat dengan meningkatnya transaksi online dan kemudahan berkomunikasi lewat sosial media
  • data pribadi berpotensi untuk dicuri, dimanipulasi dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Posting Komentar

0 Komentar