6.9.1.1 Refleksi Pembelajaran
Saudara telah memahami pengembangan Evaluasi Pembelajaran. Selanjutnya silakan refleksikan pembelajaran yang telah Saudara dapatkan pada sesi ini dengan menjawab pertanyan-pertanyaan berikut ini!
Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran yang berorintasi HOTS ?
Yang perlu dilakukan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran yang berorintasi HOTS anatara lain :
a nalisis KI, KD, IPK, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun membuat kisi-kisi penulisan soal HOTS soal PG maupun uraian dibuat agar berpikir tingkat tinggi (HOTS) membuat lembar jawaban membuat lembar penilaian membuat rubrik penilaian Instrumen yang dibuat sesuai pada pencapaian indikator hasil belajar, dapat dikerjakan oleh peserta didik, sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik, memuat materi yang sesuai dengan cakupan kurikulum, bersifat adil dan menetapkan batas waktu penyelesaian Question #2 Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangakan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT?
Yang perlu dilakukan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT antara lain :
m enganalisis KD yang dapat dibuat soal HOTS membuat kisi-kisi soal dan memilih stimulus yang kontekstual sesuai IPK membuat rubric penialaian evaluasi pembelajaran HOTS berbasis CBT dengan LMS sehingga siswa dapat melaksanakan evaluasi secara daring Question #3 Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT?
Yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT adalalah t ingkat kesulitan / level kognitif instrumen evaluasi hots minimal c4 sehingga soal yang disajikan merupakan permasalahan kontekstual berdasarkan pemgalaman belajar. Soal harus jelas dan dapat diakses dengan mudah
Question #4 Pada bagian manakah terdapat hal yang menarik dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini? Apa alasannya.
Yang menarik dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT adalah e valuasi pembelajaran dapat diakses secara online sehingga kita bisa mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menyerap materi secara realtime dan hasil penilaian sudah dalam bentuk grafis, tabel, data grafik sehingga memudahkan dalam evaluasi pembelajaran selanjutnya
Question #5 Kesulitan Apa saja yang Saudara alami dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini?
Kesulitan yang saya alami dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT adalah kita tidak dapat mengawasi secara langsung pengerjaan siswa sehingga resiko ketidakjujuran/kecurangan yang muncul karena pengawasan secara daring sangat lemah
Question #6 Apa saja yang ingin Saudara tingkatkan dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini?
Yang akan saya tingkatkan dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini adalah m embuat soal yang bervariasi dan HOTS sehingga memotivasi siswa agar mempunyai minat belajar dan literasi yang tinggi dan menumbuhkan kejujuran serta kedisiplinan