Ticker

6/recent/ticker-posts

6.9.1.1 Refleksi Pembelajaran

  6.9.1.1 Refleksi Pembelajaran

Saudara telah memahami pengembangan Evaluasi Pembelajaran. Selanjutnya silakan refleksikan pembelajaran yang telah Saudara dapatkan pada sesi ini dengan menjawab pertanyan-pertanyaan berikut ini!

1

Yang perlu dilakukan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran yang berorintasi HOTS  anatara lain :

  •  analisis KI, KD, IPK, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun
  • membuat kisi-kisi penulisan soal HOTS
  • soal PG maupun uraian dibuat agar berpikir tingkat tinggi (HOTS)
  • membuat lembar jawaban
  • membuat lembar penilaian
  • membuat rubrik penilaian
  • Instrumen yang dibuat sesuai pada pencapaian indikator hasil belajar, dapat dikerjakan oleh peserta didik, sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik, memuat materi yang sesuai dengan cakupan kurikulum, bersifat adil dan menetapkan batas waktu penyelesaian
Question #2

2

Yang perlu dilakukan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT antara lain :

  •  menganalisis KD yang dapat dibuat soal HOTS
  • membuat kisi-kisi soal dan memilih stimulus yang kontekstual sesuai IPK
  • membuat rubric penialaian
  • evaluasi pembelajaran HOTS berbasis CBT dengan LMS sehingga siswa dapat melaksanakan evaluasi secara daring
Question #3

3

Yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis  CBT adalalah  tingkat kesulitan / level kognitif instrumen evaluasi hots minimal c4 sehingga soal yang disajikan merupakan permasalahan kontekstual berdasarkan pemgalaman belajar. Soal harus jelas dan dapat diakses dengan mudah


Question #4

4

 Yang menarik  dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT adalah evaluasi pembelajaran dapat diakses secara online sehingga kita bisa mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menyerap materi secara realtime dan hasil penilaian sudah dalam bentuk grafis, tabel, data grafik sehingga memudahkan dalam evaluasi pembelajaran selanjutnya

Question #5

5

Kesulitan yang saya  alami dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT adalah kita tidak dapat mengawasi secara langsung pengerjaan siswa sehingga resiko ketidakjujuran/kecurangan yang muncul karena pengawasan secara daring sangat lemah


Question #6

6

Yang akan saya tingkatkan dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran berorientasi HOTS berbasis CBT ini adalah membuat soal yang bervariasi dan HOTS sehingga memotivasi siswa agar mempunyai minat belajar dan literasi yang tinggi dan menumbuhkan kejujuran serta kedisiplinan