Ticker

6/recent/ticker-posts

6.8.2.2 Pengembangan alat evaluasi

  6.8.2.2 Pengembangan alat evaluasi

Saudara akan mengembangkan alat evaluasi pembelajaran.  Dalam mengembangkan instrumen evaluasi berbasis HOTS terdapat beberapa karakteristik yang harus dipenuhi.

  1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi : menganalisis, merefleksi, memberikan argumen (alasan), menerapkan konsep pada situasi berbeda, menyusun, menciptakan
  2. Bersifat divergen : memungkinkan peserta didik memberikan jawaban berbeda-beda sesuai proses berpikir dan sudut pandang yang digunakan karena mengukur proses berpikir analitis, kritis, dan kreatif yang cenderung bersifat unik atau berbeda-beda responsnya bagi setiap individu
  3. Menggunakan multirepresentasi : tidak menyajikan semua informasi secara tersurat, tetapi memaksa peserta didik menggali sendiri informasi yang tersirat menggunakan berbagai representasi verbal (berbentuk kalimat), visual (gambar, bagan, grafik, tabel, termasuk video), simbolis (simbol, ikon, inisial, isyarat), dan matematis (angka, rumus, persamaan)
  4. Berbasis permasalahan konstekstual : berbasis situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk menghubungkan (relate), menginterpretasikan (interprete), menerapkan (apply) dan mengintegrasikan (integrate) ilmu pengetahuan dalam pembelajaran di kelas untuk menyelesaikan permasalahan dalam konteks nyata.
  5. Menggunakan bentul soal beragam: soal-soal HOTS yang berbentuk pilihan ganda kompleks juga memuat stimulus yang bersumber pada situasi kontekstual dan soal uraian yang menuntut peserta didik untuk mengorganisasikan gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya


  1. Tuangkan rancangan pengembangan alat evaluasi yang memenuhi unsur-unsur HOTS pada diskusi  kelompok di Grup Saudara.
  2. Cermati tanggapan Dosen/guru pamong untuk perbaikan
  3. Tuangkan hasil diskusi  kelompok bersama semua peserta di kelas
  4. Cermati dan tanggapi jawaban kelompok lain sehingga dapat memperkaya pengetahuan Saudara mengenai evaluasi  pembelajaran berorientasi HOTS !
  5. Unggahlah alat   evaluasi  pembelajaran  yang telah Saudara buat  pada Unggah Produk Peserta.
  6. Unggah juga  alat evaluasi pembelajaran pada laman Guru Berbagi : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/

Jawab :

PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI :

  • Dalam pengembangan alat evaluasi pembelajaran ini adalah bagaimana mengukur kemampuan berpikir secara HOTS dengan bentuk/model soal yang sifatnya menganalisis, ataupun jawaban yang memerlukan argument sehingga siswa diharapakan berpikir tingkat tinggi dari pengalaman belajarnya
  •  Dalam merancang alat evaluasi berbasis CBT yaitu dengan membuat soal dengan jawaban berbeda-beda tetapi mempunyai makna sama sehingga siswa berpikir kritis dan kreatif.
  •  Dalam pembelajaran diberikan rangkuman dan memberikan pertanyaan yang memotivasi siswa lebih aktif sehingga dapat mencari solusi dari permasalahan yang diberikan, dapat secara individu maupun dalam diskusi kelompok
  •  Dalam perancangan alat evaluasi diharapkan berbasis situasi nyata berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga siswa dapat berpikir secara komputasi dalam memecahkan masalah sesuai dengan kehidupan sehari-hari.

  • Merancang soal berbasis HOTS dalam bentuk pilihan ganda dan soal uraian yang memerlukan berpikir secara kritis dan berpikir tingkat tinggi


Forum