Ticker

6/recent/ticker-posts

X.1.1.2. Kegiatan Belajar 2

Tuliskan jawaban anda yang menggambarkan solusi dari kasus berikut:

Kasus: Anda seorang guru muda berintegritas. Anda diangkat menjadi guru di sekolah di mana lingkungan masyarakat tidak begitu peduli pada pendidikan. Kerap terjadi tawuran, pergaulan bebas, bahkan bullying. Sementara para guru senior merasa tidak ada lagi upaya memperbaiki keadaan. Lagi pula hal itu di luar tugasnya sebagai guru bidang studi. Terlebih akan menyita waktu, energi dan perhatian. Ada juga guru seni- or yang peduli tapi mereka terkucil. Terdapat grup-grup di kalangan guru yang saling bertentangan. Sebagai guru berintegritas, anda menguatkan tekad untuk memperbaiki keadaan dengan perencanaan yang matang.

Pertanyaan:

1. Buat pengondisian kelas sebagai penguatan integritas, sebagai berikut:

  • Jika anda guru kelas, susun perencanaan yang rapi terukur untuk satu hari kegiatan pembelajaran sesuai landasan dan prinsip penguatan integritas.
  • Jika anda guru mapel susun rangkaian pembelajaran dalam satu kali pertemuan agar peserta didik terkondisi untuk mengamalkan perilaku berintegritas dalam pembelajaran yang anda lakukan sesuai landasan dan prinsip penguatan integritas.

2. Buat rencana penguatan integritas berikut:

  • Buat rencana penguatan integritas untuk satu semester di kelas anda (atau di mapel yang anda ampu) berupa aktivitas harian, mingguan, bulanan dan satu se- mester. Dokumen rencana dibuat inovatif dan bebas sesuai dengan kemampuan;
  • Buat rencana penguatan integritas inovatif di sekolah di mana suasana di se- kolah sangat tidak mendukung upaya praktek berintegritas yang dilakukan;
3. Buat RPP tema/mapel secara singkat yang memuat tahapan pembelajaran, indikator, alat bahan dan instrumen penilaian. Dalam tahapan yang dilakukan munculkan ke- giatan dirancang konsisten dengan penguatan integritas


Jawaban Nomor 1 :

Pengondisian kelas sebagai penguatan integritas

 

1.     Pendahuluan

a. Guru menyapa siswa dan melakukan presensi online melalui chat dalam channel Informatika pada aplikasi Ms. Teams. (Siswa diminta untuk presensi tepat waktu) untuk melatih nilai kedisiplinan.

b.     Guru mengucapkan terima kasih pada siswa yang sudah online.

c.  Siswa membantu guru untuk mengidentifikasi teman yang belum hadir hal ini untuk melatih kepedulian.

d.     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

e.      Guru menyampaikan cakupan materi.

f.      Guru mengenalkan istilah integritas

g.  Guru menjelaskan bahwa integritas harus ditanamkan dalam kehidupan dan akan dipraktekkan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan di kelas.

2.     Inti

a.  Guru menjelaskan kepada siswa bahwa pada sesi ini mereka akan belajar mengenai Perangkat Keras Komputer

b.   Guru menjelaskan secara garis besar tentang Perangkat Keras Komputer melalui video yang diunggah lewat Ms. Teams

c.      Setelah peserta didik selesai melihat video, guru mengajukan beberapa pertanyaan melaui kolom chat.

d. Peserta didik diminta aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru serta diberi kesempatan pula untuk bertanya terkait materi pembelajaran saat itu. Teman yang lain diminta menanggapi sehingga tercipta diskusi yang terbuka.

e.      Peserta didik diminta melakukan evaluasi dengan mengerjakan tugas dari guru

      dalam bentuk forms.

f.   Peserta didik diminta membuat sebuah karya tentang konsep perumusan sistem kerja komputer boleh berupa file ppt, video, infografis maupun artikel.

 

3.       Penutup

a.       Guru mengevaluasi aktivitas pembelajaran.

b.       Guru memberikan umpan balik.

c.       Guru melakukan kegiatan tindak lanjut.

d.       Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

e.       Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu sistem operasi pada komputer atau dapat belajar melalui internet ataupun sumber belajar lain

 Jawaban Nomor 2 :

Rencana penguatan integritas inovatif di sekolah di mana suasana di sekolah sangat tidak mendukung upaya praktek berintegritas :

 

1)       Guru mewujudkan suasana berintegritas di kelas, sekolah, dan di manapun guru berada

Contoh:

Guru memberi teladan datang tepat waktu pada jam mengajar, peduli terhadap kondisi peserta didik, misal peduli pada anak-anak yang mempunyai kepribadian khusus/ berbeda dengan teman lainnya.

 

2)       Guru melakukan penguatan secara konsisten dalam proses pembelajaran, baik dalam mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, maupun aktivitas lainnya.

Contoh:

Kedisiplinan dalam pengumpulan tugas, kejujuran, tanggung jawab dan selalu menjaga suasana kelas tetap kondusif, dan kepedulian tenhadap teman-temannya. Di manapun proses penguatan terjadi, tahapannya adalah memberikan pemahaman, menguatkan keyakinan, dan pengamalan perilaku secara konsisten. Berikut uraiannya.

a.      Tanamkan Pemahaman Anak

b.     Kuatkan Penyadaran dan Keyakinan

c.      Amalkan Secara Konsisten

d.   Deklarasikan dan Sebarkan


Jawaban Nomor 3 :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 1)

 

Satuan Pendidikan                : SMP ……

Mata Pelajaran                      : Informatika

Kelas/Semester                     : VII/I

Alokasi Waktu                      : Pertemuan 1 (1 JP)

 

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat :

1.      Mengenal pemfungsian perangkat keras (KD. 3.1)

B.      Materi Pokok : Perangkat Keras Komputer

C.      Kegiatan Pembelajaran (pertemuan ke1-1)

1.       Pendahuluan

a.       Guru menyapa siswa dan melakukan presensi online melalui chat dalam channel Informatika pada aplikasi Ms. Teams. (Siswa diminta untuk presensi tepat waktu) untuk melatikh nilai kedisiplinan.

b.       Guru lalu mengucapkan terima kasih pada siswa yang sudah hadir.

c.       Siswa juga membantu guru (melatih nilai kepedulian) untuk mengidentifikasi teman yang belum hadir

d.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

e.       Guru menyampaikan cakupan materi.

f.        Guru menanamkan penguatan integritas.

2.     Inti

a.       Guru menjelaskan kepada siswa bahwa pada sesi ini  mereka akan belajar mengenai Perangkat Keras Komputer

b.       Guru menjelaskan secara garis besar tentang Perangkat Keras Komputer

c.       Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang pengertian perangkat keras dan fungsinya di kolom chat

d.       Peserta didik diminta aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru serta diberi kesempatan pula untuk bertanya terkait materi pembelajaran saat itu. Peserta didik yang lain diminta menanggapi sehingga tercipta diskusi.

e.       Peserta didik diminta melakukan evaluasi dengan mengerjakan tugas dari guru

      dalam bentuk forms.

a.       Peserta didik diminta membuat skema sistem kerja komputer boleh berupa ppt, video, gambar/ artikel

 

3.       Penutup

a.      Guru mengevaluasi aktivitas pembelajaran.

b.     Guru memberikan umpan balik.

c.      Guru melakukan kegiatan tindak lanjut.

d.     Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

e.      Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu sistem operasi pada komputer atau dapat belajar melalui internet ataupun sumber belajar lain.

D.      Penilaian Pembelajaran

1.     Penilaian Sikap Sosial          : Keaktifan siswa dalam belajar tentang Perangka Keras

  Komputer

Kedisiplinan dengan melakukan presensi tepat waktu

Kepedulian terhadap teman-teman lain 

 

2.       Penilaian Pengetahuan         : Uji pemahaman tentang Perangkat Keras Komputer

                                           menggunakan form pada aplikasi Ms.Teams

 

Mengetahui,                                                    Surakarta, 1 Juli 2020

Kepala SMP …………………….                  Guru Mata Pelajaran

 

 

 

             ………………………..                                  …………………….