Tuliskan jawaban anda yang menggambarkan solusi dari kasus berikut:
Kasus: Anda seorang guru muda berintegritas.
Anda diangkat menjadi guru di sekolah di mana lingkungan masyarakat tidak
begitu peduli pada pendidikan. Kerap terjadi tawuran, pergaulan bebas,
bahkan bullying. Sementara para guru senior merasa tidak ada lagi upaya
memperbaiki keadaan. Lagi pula hal itu di luar tugasnya sebagai guru bidang
studi. Terlebih akan menyita waktu, energi dan perhatian. Ada juga guru seni-
or yang peduli tapi mereka terkucil. Terdapat grup-grup di kalangan guru yang
saling bertentangan. Sebagai guru berintegritas, anda menguatkan tekad untuk
memperbaiki keadaan dengan perencanaan yang matang.
Pertanyaan:
1. Buat pengondisian kelas sebagai penguatan
integritas, sebagai berikut:
- Jika anda guru kelas, susun perencanaan yang rapi terukur untuk
satu hari kegiatan pembelajaran sesuai landasan dan prinsip penguatan
integritas.
- Jika anda guru mapel susun rangkaian pembelajaran dalam satu kali
pertemuan agar peserta didik terkondisi untuk mengamalkan perilaku
berintegritas dalam pembelajaran yang anda lakukan sesuai landasan dan
prinsip penguatan integritas.
2. Buat rencana penguatan integritas berikut:
- Buat rencana penguatan integritas untuk satu semester di kelas anda
(atau di mapel yang anda ampu) berupa aktivitas harian, mingguan, bulanan
dan satu se- mester. Dokumen rencana dibuat inovatif dan bebas sesuai
dengan kemampuan;
- Buat rencana penguatan integritas inovatif di sekolah di mana
suasana di se- kolah sangat tidak mendukung upaya praktek berintegritas
yang dilakukan;
Jawaban Nomor 1 :
Pengondisian kelas sebagai penguatan integritas
1. Pendahuluan
a. Guru menyapa siswa dan melakukan presensi
online melalui chat dalam channel
Informatika pada aplikasi Ms.
Teams.
(Siswa diminta untuk presensi tepat waktu) untuk melatih nilai kedisiplinan.
b.
Guru mengucapkan terima kasih pada siswa
yang sudah online.
c. Siswa membantu
guru untuk mengidentifikasi teman yang belum hadir hal ini untuk melatih kepedulian.
d.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
e.
Guru menyampaikan cakupan materi.
f.
Guru mengenalkan istilah integritas
g. Guru menjelaskan bahwa integritas harus ditanamkan
dalam kehidupan dan akan dipraktekkan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan
di kelas.
2. Inti
a. Guru menjelaskan kepada siswa bahwa pada
sesi ini mereka akan belajar mengenai Perangkat
Keras Komputer
b. Guru menjelaskan secara garis besar
tentang Perangkat Keras Komputer
melalui video yang diunggah lewat Ms. Teams
c.
Setelah peserta didik selesai melihat video,
guru mengajukan beberapa pertanyaan melaui kolom chat.
d. Peserta
didik diminta aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru serta diberi
kesempatan pula untuk bertanya terkait materi pembelajaran saat itu. Teman yang
lain diminta menanggapi sehingga tercipta diskusi
yang terbuka.
e.
Peserta
didik diminta melakukan evaluasi dengan mengerjakan tugas dari guru
dalam bentuk forms.
f. Peserta
didik diminta membuat sebuah karya
tentang konsep perumusan sistem kerja komputer boleh berupa file ppt, video, infografis
maupun artikel.
3. Penutup
a. Guru
mengevaluasi aktivitas pembelajaran.
b. Guru
memberikan umpan balik.
c. Guru
melakukan kegiatan tindak lanjut.
d. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
e. Guru
meminta peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya yaitu sistem operasi pada komputer atau dapat
belajar melalui internet ataupun sumber belajar lain
Rencana penguatan
integritas inovatif di sekolah di mana suasana di sekolah sangat tidak
mendukung upaya praktek berintegritas :
1)
Guru
mewujudkan suasana berintegritas di kelas, sekolah, dan di manapun guru berada
Contoh:
Guru
memberi teladan datang tepat waktu pada jam mengajar, peduli terhadap kondisi
peserta didik, misal peduli pada anak-anak yang mempunyai kepribadian khusus/
berbeda dengan teman lainnya.
2)
Guru melakukan
penguatan secara konsisten dalam proses pembelajaran, baik dalam mata
pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, maupun aktivitas lainnya.
Contoh:
Kedisiplinan
dalam pengumpulan tugas, kejujuran, tanggung jawab dan selalu menjaga
suasana kelas tetap kondusif, dan kepedulian
tenhadap teman-temannya. Di manapun proses
penguatan terjadi, tahapannya adalah memberikan pemahaman, menguatkan
keyakinan, dan pengamalan perilaku secara konsisten. Berikut uraiannya.
a. Tanamkan Pemahaman Anak
b. Kuatkan Penyadaran dan Keyakinan
c. Amalkan Secara Konsisten
d. Deklarasikan dan Sebarkan
Jawaban
Nomor 3 :
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 1)
Satuan
Pendidikan : SMP ……
Mata
Pelajaran :
Informatika
Kelas/Semester : VII/I
Alokasi
Waktu : Pertemuan 1
(1 JP)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta
didik dapat :
1. Mengenal pemfungsian perangkat keras (KD. 3.1)
B. Materi Pokok : Perangkat Keras Komputer
C. Kegiatan Pembelajaran (pertemuan ke1-1)
1. Pendahuluan
a. Guru
menyapa siswa dan melakukan presensi online melalui chat dalam channel Informatika pada aplikasi Ms. Teams. (Siswa diminta untuk presensi tepat waktu) untuk melatikh nilai kedisiplinan.
b. Guru
lalu mengucapkan terima kasih pada siswa yang sudah hadir.
c. Siswa
juga membantu guru (melatih nilai kepedulian)
untuk
mengidentifikasi teman yang belum hadir
d. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran
e. Guru
menyampaikan cakupan materi.
f.
Guru menanamkan penguatan integritas.
2. Inti
a. Guru
menjelaskan kepada siswa bahwa pada sesi ini
mereka akan belajar mengenai
Perangkat Keras Komputer
b. Guru
menjelaskan secara garis besar tentang Perangkat
Keras Komputer
c. Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang
pengertian perangkat keras dan fungsinya di kolom chat
d. Peserta didik diminta aktif menjawab
pertanyaan-pertanyaan dari guru serta diberi kesempatan pula untuk bertanya
terkait materi pembelajaran saat itu. Peserta didik yang lain diminta
menanggapi sehingga tercipta diskusi.
e. Peserta didik diminta melakukan evaluasi dengan
mengerjakan tugas dari guru
dalam bentuk forms.
a.
Peserta
didik diminta membuat skema sistem kerja
komputer boleh berupa ppt, video, gambar/ artikel
3.
Penutup
a. Guru mengevaluasi aktivitas pembelajaran.
b. Guru memberikan umpan balik.
c. Guru melakukan kegiatan tindak lanjut.
d. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
e. Guru
meminta peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya yaitu sistem operasi pada komputer atau dapat
belajar melalui internet ataupun sumber belajar lain.
D. Penilaian Pembelajaran
1.
Penilaian
Sikap Sosial :
Keaktifan siswa dalam belajar tentang Perangka Keras
Komputer
Kedisiplinan dengan melakukan presensi tepat waktu
Kepedulian terhadap teman-teman lain
2. Penilaian Pengetahuan : Uji pemahaman tentang Perangkat
Keras Komputer
menggunakan form pada aplikasi Ms.Teams
Mengetahui, Surakarta,
1 Juli 2020
Kepala SMP ……………………. Guru Mata Pelajaran