Ticker

6/recent/ticker-posts

C.2.3.7. Refleksi Pembelajaran

Modul 3 tentang pembelajaran yang inovatif memberikan pengetahuan agar sebagai guru diharapkan lebih inovatif dalam pembelajaran dengan beberapa pendekatan :

  1. Pembelajaran STEAM yang dapat dilakukan dengan pendekatan pembelajaran interdisipliner yang inovatif dan diintegrasikan dengan fokus pada proses pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan nyata antara Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematics. Dimana peserta didik akan membangun pengetahuan dan pemahamannya sendiri melalui proyek (model pembelajaran problem based learning)
  2. Pembelajaran berbasis neurosain yang perlu diperhatikan agar pembelajaran mampu mengoptimalkan potensi kecerdasan otak peserta didik, misalnya pembelajaran terkait penyerapan informasi paling baik dilakukan di pagi hari, untuk pengulangan, pengolahan dan refleksi informasi paling baik dilakukan di waktu sore hari, pembelajaran difokuskan pada pembahasan materi, dipecah, dan difokuskan kembali pada pembahasan materi sehingga mencapai hasil terbaik
  3. Perkembangan teknologi yang sangat cepat mengubah model-model pembelajaran, praktik pembelajaran menggunakan teknologi secara efektif, menantang dan menarik sehingga memberikan peluang belajar dimana dan kapan saja, dan memastikan semua peserta didik mencapai potensi penuh mereka sehingga pembelajaran digital harus dilakukan oleh seorang guru
  4. Kegiatan pembelajaran blended learning sebagai model pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran online dengan pembelajaran konvensional (tatap muka) namun guru perlu menguasai kemampuan-kemampuan seperti pemanfaatan data karakteristik peserta didik, teknik mengajar dan memfasilitasi pembelajaran secara individual dan kelompok, mengembangkan interaksi secara online, serta dapat mengaplikasikan kombinasi ketiga kemampuan tersebut. Dan seorang guru harus berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan kemajuan ilmu teknologi dalam sistem pembelajaran apalagi dalam kondisi pandemi COVID 19 ini yang memaksa kita untuk pembelajaran secara online, mempersiapkan peserta didik yang dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi sehingga ada kombinasi antara sistem pembelajaran konvensional dengan pembelajaran modern