Kegiatan Belajar 1:
- Carilah satu contoh RPP yang ada di internet sesuai kesepakatan kelompok Saudara! Coba analisis:
- Apakah komponen-komponen RPP tersebut sudah lengkap?
- Apakah isi komponen-komponennya sudah sesuai dengan prinsip dan unsur-unsur karakter pembelajaran abad 21
- Lengkapi dan konstruksi kembali RPP tersebut dengan unsur-unsur pembelajaran inovatif yang sudah Saudara pelajari!
Jawaban :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Tunas Bangsa
Mata Pelajaran : Informatika
Kelas / Semeseter : VII / Genap
Materi Pokok : Membuat
Flowchart
Alokasi Waktu : 4 Jam
Pelajaran @ 40 menit
1.
Tujuan Layanan
· Setelah mengikuti pembelajaran ini,
peserta didik mampu membuat flowchart sejarah hari buruh internasional dengan
menggunakan Shapes di Microshoft Word
2.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Pendahuluan
· Guru menyapa siswa dan meminta siswa
berdoa di rumah masing-masing sebelum memulai pembelajaran
· Guru menyampaikan materi pembelajaran
yang akan dibahas dan pembagian 9 kelompok kerja
· Guru memeriksa keharidan siswa dalam
pembelajaran dengan meminta siswa mengetik kata "Hadir" di kolom
komentar
· Guru mengingatkan kembali tata tertib
pembelajaran online
B.
Kegiatan Inti
Orientasi Peserta Didik Pada Masalah
· Siswa mengamati satu permainan
yang berhubungan dengan Computational Thinking yang diberikan guru dan menjawab
dengan tepat.
· Setelah permainan selesai, guru
menyampaikan tugas yang akan diselesaikan peserta didik melalui diskusi online,
yakni membuat flowchart sejarah lahirnya buruh internasional menggunakan
aplikasi Microshoft Word
Mengorganisasi Peserta Didik Untuk Belajar
· Melalui forum diskusi, guru memastikan
setiap peserta didik atau anggota kelompok memahami tugas yang harus
dikerjakan.
· Peserta didik diberikan kesempatan
bertanya saat mengalami kendalam membuat flowchart
· Masing-masing kelompok membaca
bahan bacaan yang telah disiapkan.
Membimbing Penyelidikan Individu Maupun Kelompok
· Melalui forum diskusi, guru
memantau setiap peserta didik dalam membuat flowchart
· Peserta didik membuat flowchart
sejarah hari buruh internasional menggunakan aplikasi Microshoft Word
· Guru memberikan motifasi kepada peserta
didik untuk bisa berfikir kritis dan mencari solusi dalam pembuatan flowchart
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
· Masing-masing anggota kelompok
mengirimkan hasil kerjanya kepada ketua kelompok
· Ketua kelompok menyatukan dalam
sebuah file hasil kerja tiap kelompok
· Ketua kelompok mengirimkan hasil
kerjanya melalui template yang telah disediakan di Google Class Room
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
· Masing-masing kelompok diberi
kesempatan untuk mendownload hasil kerja kelompok yang lain
· Setiap kelompok melalui perwakilan
diberi kesempatan menuliskan di kolom komentar Google Class Room resume hasil
yang di dapatkan
· Kelompok lain di beri kesempatan
untuk memberikan pertanyaan dan masukan
· Setelah selesai persentase dan
tanya jawab masing-masing kelompok menuliskan kesimpulan yang didapat dari
hasil pembelajaran dan diskusi pembuatan flowfhart
C.
Penutup
· Guru mengapresiasi atas pekerjaan siswa
selama pembelajaran
· Guru memberikan penguatan kepada siswa
tetap berada di rumah dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan
3.
Penilaian
· Teknik Penilaian : Panilaian
berbasis portofolio dan proyek
· Bentuk penilaian : penugasan
Mengetahui Kepala Sinau-Thewe.com Yanuar
Wijatmoko, S.T |
Cilacap, …… April 2020 Guru Mata Pelajaran Yanuar
Wijatmoko, S.T |