Ticker

6/recent/ticker-posts

D.2.2.6. Diskusi Penerapan

 Kegiatan Belajar 1:

  1. Carilah satu contoh RPP yang ada di internet sesuai kesepakatan kelompok  Saudara! Coba analisis:
    1. Apakah komponen-komponen RPP tersebut sudah lengkap?
    2. Apakah isi komponen-komponennya   sudah sesuai dengan prinsip dan unsur-unsur karakter pembelajaran abad 21
  2. Lengkapi   dan   konstruksi   kembali   RPP   tersebut   dengan   unsur-unsur pembelajaran inovatif yang sudah Saudara pelajari!

Jawaban :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                       : SMP Tunas Bangsa

Mata Pelajaran            : Informatika

Kelas / Semeseter       : VII / Genap

Materi Pokok              : Membuat Flowchart

Alokasi Waktu            : 4 Jam Pelajaran @ 40 menit

 

1.     Tujuan Layanan

·       Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik mampu membuat flowchart sejarah hari buruh internasional dengan menggunakan Shapes di Microshoft Word

 

2.     Langkah-Langkah Pembelajaran

A.    Kegiatan Pendahuluan

·       Guru menyapa siswa dan meminta siswa berdoa di rumah masing-masing sebelum memulai pembelajaran

·       Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dibahas dan pembagian 9 kelompok kerja

·       Guru memeriksa keharidan siswa dalam pembelajaran dengan meminta siswa mengetik kata "Hadir" di kolom komentar

·       Guru mengingatkan kembali tata tertib pembelajaran online

 

B.    Kegiatan Inti

Orientasi Peserta Didik Pada Masalah

·       Siswa mengamati satu permainan yang berhubungan dengan Computational Thinking yang diberikan guru dan menjawab dengan tepat.

·       Setelah permainan selesai, guru menyampaikan tugas yang akan diselesaikan peserta didik melalui diskusi online, yakni membuat flowchart sejarah lahirnya buruh internasional menggunakan aplikasi Microshoft Word

 

Mengorganisasi Peserta Didik Untuk Belajar

·       Melalui forum diskusi, guru memastikan setiap peserta didik atau anggota kelompok memahami tugas yang harus dikerjakan.

·       Peserta didik diberikan kesempatan bertanya saat mengalami kendalam membuat flowchart

·       Masing-masing kelompok membaca bahan bacaan yang telah disiapkan.

 

Membimbing Penyelidikan Individu Maupun Kelompok

·       Melalui forum diskusi, guru memantau setiap peserta didik dalam membuat flowchart

·       Peserta didik membuat flowchart sejarah hari buruh internasional menggunakan aplikasi Microshoft Word

·       Guru memberikan motifasi kepada peserta didik untuk bisa berfikir kritis dan mencari solusi dalam pembuatan flowchart

 

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

·       Masing-masing anggota kelompok mengirimkan hasil kerjanya kepada ketua kelompok

·       Ketua kelompok menyatukan dalam sebuah file hasil kerja tiap kelompok

·       Ketua kelompok mengirimkan hasil kerjanya melalui template yang telah disediakan di Google Class Room

 

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

·       Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mendownload hasil kerja kelompok yang lain

·       Setiap kelompok melalui perwakilan diberi kesempatan menuliskan di kolom komentar Google Class Room resume hasil yang di dapatkan

·       Kelompok lain di beri kesempatan untuk memberikan pertanyaan dan masukan

·       Setelah selesai persentase dan tanya jawab masing-masing kelompok menuliskan kesimpulan yang didapat dari hasil pembelajaran dan diskusi pembuatan flowfhart

 

C.    Penutup

·       Guru mengapresiasi atas pekerjaan siswa selama pembelajaran

·       Guru memberikan penguatan kepada siswa tetap berada di rumah dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan

 

3.     Penilaian

·       Teknik Penilaian : Panilaian berbasis portofolio dan proyek

·       Bentuk penilaian : penugasan

 

 

 

 

Mengetahui      

Kepala Sinau-Thewe.com

 

 

Yanuar Wijatmoko, S.T

Cilacap, …… April 2020

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

Yanuar Wijatmoko, S.T