Ticker

6/recent/ticker-posts

B.2.2.6. Diskusi Penerapan

Diskusi Modul 2_KB 1
Pertanyaan :

  1. Berikan deskripsi secara ringkas dan jelas mengenai fenomena pembelajaran abad 21 yang terjadi pada peserta didik di tempat Saudara menjalan tugas mengajar sehari-hari!
  2. Berikan gambaran singkat bagaimana strategi Saudara untuk mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik Saudara dalam kasus tersebut pada nomor 1. 

Jawaban :

Pembelajaran abad 21 yang terjadi pada peserta didik di sekolah dalam tugas mengajar sehari-hari ;

Menghadapi perkembangan teknologi semakin maju,kegiatan pembelajaran abad 21 dituntut berbasis TIK maka proses belajar pun harus berubah yang dulu dilakukan secara konvensional/ceramah namun pembelajaran di era digital pembelajaran tatap muka dan online menjadi satu kesatuan. Karena pembelajaran abad 21 tidak lagi berpusat pada guru, namun pada peserta didik. Pendekatan utama adalah student center learning dan paradigma belajar kontruktivistik dengan guru tetap aktif. Namun tidak dipungkiri bahwa kasus penyalahgunaan teknologi sedang marak terjadi. Siswa juga lebih sering berinteraksi dengan smartphonenya dari pada dengan teman-temannya bahkan sampai tidak bisa memanajemen waktu untuk belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Maka antisipasi yang saya lakukan untuk meminimalkan hal-hal yang tidak kita inginkan adalah :

  • membawa laptop/smartphone dengan membawa surat ijin pernyataan dari orang tua bahwa sanggup, bersedia, dan setuju dengan peraturan sekolah dan siap menerima sanksi apabila terjadi pelanggaran sehingga penggunaan smartphone dibatasi hanya untuk kepentingan KBM bukan untuk main game, apalagi di jam belajar
  • memberikan edukasi bagaimana menggunakan smartphone/laptop serta internet untuk hal yang positif
  • menyajikan media pembelajaran yang variatif berupa tayangan ppt, video, sumber internet ataupun menggunakan aplikasi google classroom untuk mengirim materi, tugas maupun ulangan (sebelum pandemi
  •  menggunakan Ms.Teams untuk pembelajaran online dengan blended learning (saat PJJ)


Diskusi Modul 2_KB 2 :
Pertanyaan :

  1. Tugas pokok dan fungsi guru manakah yang menjadi prioritas dikembangkan terkait kesiapan Saudara untuk menjadi guru yang ideal untuk abad 21
  2. Diskusikan bersama kelompok profil guru yang memesona menurut versi kelompok Saudara lalu berikan penjelasan seperlunya

Jawaban :

  1. Prioritas tugas pokok guru yang ideal untuk abad 21 disekolah saya adalah membimbing dan melatih peserta didik serta rekan guru agar dapat beradaptasi dengan pembelajaran berbasis TIK dan penggunaan perangkat yang sesuai, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja guru. Seperti yang sudah kami lakukan dalam persiapan dan pelaksanaan PJJ yaitu merencanakan pembelajaran sampai pelaksanaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan teknologi serta model-model pembelajaran potensial abad 21 seperti memilih aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik (Learning Management System/LMS) yang sesuai serta cara penggunaannya
  2. Profil guru yang memesona menurut saya :
    1. Penuh semangat, canggih dalam artinya memiliki literasi TIK, penguasaan & penyampaian materi yang baik
    2. Humoris, cerdas membuat analogi dan metafora, mampu berempati dan memahami serta dapat menyelami konteks berpikir peserta didik
    3. Ramah dan berwibawa