Ticker

6/recent/ticker-posts

A.3.7.11. Unggah Tugas Akhir Modul

1. Berdasarkan  materi  yang disajikan  dalam  KB  1  buatlah  sebuah  peta konsep yang menggambarkan hubungan antar landasan pendidikan serta fungsi landasan pendidikan bagi tenaga pendidik!

Jawab :


2. Seorang petani memiliki anak kembar bernama A dan B. Setelah tamat SD, A dibawa indah ke kota oleh pamannya yang bekerja sebagai supir. Sedangkan B tetap tinggal di desa dengan bapaknya. Setelah dewasa, pada usia 24 tahun A bekerja menjadi supir online di kota dan B menjadi buruh tani di desa.  Penampilan dan pola hidup A berbeda dengan penampilan dan pola hidup B, padahal mereka bersaudara bahkan kembar. Coba anda jelaskan mengapa A dan B berbeda perkembangan pribadinya?

Jawab :

Dari narasi tersebut dapat saya simpulkan bahwa perkembangan manusia salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan dimana kita berada. Walaupun demikian kita tidak bisa menvonis kapabilitasnya kalau A lebih baik dari B ataupun sebaliknya. Masing-masing mempunyai kelebihan di bidangnya keahlian masing-masing. Seperti contoh bahwa A lebih berkompeten di bidang pertanian karena memang tinggal di pedesaan dan sangat familiar dengan kondisi geografis yang mendukung untuk mengembangkan kompetensi di bidang pertanian, perkebunan dan lain sebagainya. Sebaliknya A sangat kecil kemungkinan dapat menyamai kemampuan B dikarenakan kondisi lingkungan geografis kurang mendukung untuk melaksanakan pengembangan diri sebagaimana B. Dari kultur & penampilan bisa jadi A lebih sederhana sebab di pedesaan masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesederhanaan. Sebaliknya B jauh yang tinggal di kota sejak tamat SD tentunya berkembang lebih cepat misalnya di bidang tekonologi. Hal ini disebabkan karena tuntutan pekerjaan/pergaulan yang membutuhkan kemampuan IT yang terus berkembang. Berbeda dengan lingkungan pedesaan yang tidak mengedepankan kemampuan teknologi melainkan kehidupan sederhana yang jauh dari segala sesuatu yang serba modern.

3. Bapak Sigit adalah seorang guru yang bertugas di sekolah “X” yang terletak di perkotaan dengan fasilitas sarana dan prasarana yang sangat lengkap dan dukungan dari para wali murid yang sangat baik. Namun para peserta didik di sekolah tersebut kurang mandiri dan kurang disiplin. Berdasarkan kondisi tersebut, kembangkan sebuah desain pembelajaran berdasar pada teori belajar tertentu!

Jawab :

·        Pengelompokan

Dalam pengelompokan ini harus dipilih seorang pemimpin/leader yang mampu mengorganisasikan/mengajak teman-temannya untuk aktif dalam proses  pembelajaran.

·        Pembagian Peran

Setiap anggota kelompok sebaiknya mempunyai tugas yang berbeda-beda namun saling berkaitan. Sehingga apabila satu anggota kelompok tidak bekerja dengan baik maka akan berdampak kepada hasil kerja kelompok tersebut. Sehingga setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing

·        Pemecahan Masalah

Setiap kelompok ditugaskan untuk memecahkan permasalahan yang melibatkan seluruh anggota kelompok secara bersama-sama. Tidak bisa dikerjakan secara individu dan harus ada batas waktu penyelesaian permasalahan

·        Presentasi Hasil Kerja Kelompok

Merupakan wadah diskusi atau tanggapan dari kelompok lain. Sehingga diharapkan setiap anggota kelompok harus benar-benar menguasai perannya masing-masing

·        Reward

  Penghargaan ini diberikan kepada kelompok yang paling bagus sesuai dengan parameter kekompakan, ketepatan waktu

4. Coba anda lakukan indentifikasi tentang gaya belajar peserta didik pada kelas anda!

Jawab :

Ciri- ciri Gaya Belajar Visual :

·        Bisa mengingat dengan lebih cepat dan kuat dengan melihat.

·        Tidak terganggu dengan suara- suara yang berisik.

·        Memiliki hobi membaca.

·        Suka melihat dan mendemonstrasikan sesuatu.

·        Memiliki ingatan yang kuat tentang bentuk, warna, dan pemahaman artistik.

·        Belajar dengan melihat dan mengamati pengajar.

·        Memiliki kemampuan menggambar dan mencatat sesuatu dengan detail.

Ciri- ciri Gaya Belajar Auditori :

    • Memiliki kemampuan mengingat yang baik dari mendengarkan