Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Informatika SMP/MTs Kelas 9 Berpikir Komputasional - Diagram Alir (Flowchart)


A. Jenis Diagram Alir (Flowchart)

Diagram alir, atau lebih dikenal dengan flowchart, adalah representasi grafis dari langkah-langkah atau proses dalam suatu sistem, algoritma, atau tugas. Flowchart menggunakan simbol-simbol khusus untuk menggambarkan langkah-langkah dan aliran dari suatu proses.

Flowchart terbagi atas lima jenis, yaitu :
1. Flowchart Sistem (System Flowchart)
Jenis diagram alir yang menggambarkan alur kerja suatu sistem secara keseluruhan. Menjelaskan urutan prosedur-prosedur dalam suatu sistem.
Contohnya Flowchart Sistem suatu suatu pabrik, alur kerja produksi suatu barang, dll

2. Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
Bagian dari Flowchart Sistem namun lebih spesifik kepada manajemen dokumen, laporan, surat-surat, serta termasuk tembusannya.

3. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
Diagram alir jenis ini lebih teknis dengan tambahan gambar-gambar teknis yang lebih detail.

4. Flowchart Program (Program Flowchart)
Diagram alir program lebih detail menggambarkan logika dari algoritma pemrograman.

5. Flowchart Proses (Process Flowchart)
Flowchart Proses merupakan penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem.


B. Simbol-simbol Diagram Alir (Flowchart)

 Berikut adalah poin-poin penting tentang diagram alir :




C. Contoh Penggunaan Diagram Alir (Flowchart)

1. Diagram Alir Penjumlahan 2 bilangan

Diagram alir dimulai dengan Start dan diakhiri dengan End. Masukan dari program ini adalah 2 bilangan bulat a & b, kemudian dijumlahkan, dan hasil penjumlahannya dicetak di screen.
2. Diagram Alir penentuan bilangan genap & ganjil

Diagram alir ini menentukan input bilangan tersebut adalah negatif  genap atau ganjil. Proses utamanya adalah membagi bilangan input tersebut dengan 2, dengan melihat sisa baginya kita dapat menentukan bilangan tersebut adalah genap atau ganjil.


3. Diagram Alir Lampu

Diagram ini menggambarkan apa yang dapat kita lakukan apabila sebuah lampu tidak berfungsi.



D. Unsur-Unsur Diagram Alir

Dari contoh-contoh diatas, dapat kita perhatikan ada 2 unsur yang selalu muncul di dalam diagram alir, yaitu percabangan dan perulangan.

1. Percabangan
Percabangan secara sederhananya adalah pilihan alur yang diambil dari beberapa opsi yang ada, tergantung dari kondisi yang dicapai. Misalkan pada contoh lampu diatas, percabangan tergantung dari kondisi apakah lampu terpasang atau tidak.

2. Perulangan 
Perulangan digunakan untuk mengulang suatu proses. Perulangan dapat dilakukan terus-menerus selama program berjalan, sampai didapatkan kondisi untuk keluar dari perulangan tersebut. Contohnya perulangan untuk menampilkan angka 1 sampai 100, kondisi untuk berhentinya adalah jika angka tersebut sudah mencapai 100.








 

Posting Komentar

1 Komentar