Ticker

6/recent/ticker-posts

Materi Informatika SMP/MTs Kelas 9 Algoritma & Pemrograman

A. Pemrograman

1. Mengapa Perlu Belajar Programming?

  • Informatika membangun keterampilan yang berguna untuk belajar bidang-bidang lainnya termasuk matematika, sains, penyelesaian persoalan, bekerja dalam tim, pembelajaran berbasis proyek, seni kreatif
  • Bahasa pemrograman dirancang agar kalian dapat memerintahkan komputer melakukan apa yang kalian rancang
  • Pemrograman komputer mengajarkan keterampilan praktis yang relevan dengan pasar tenaga kerja saat ini dan masa mendatang
  • Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan kemampuan programming selalu meningkat
  • Informatika adalah ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua bidang akan membutuhkan komputer
  • Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas
2. Bagaimana Belajar Programming?

Pertama-tama, kita harus belajar dengan lingkungan pemrograman yang akan dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet secara online, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer. Kalian akan bermain blok dan membuatnya bisa berperilaku seperti yang kalian rancang dalam programnya (susunan bloknya).

3. Aplikasi Pemrograman

Aplikasi yang dapat diakses secara online maupun di-install yang dapat digunakan untuk berlatih pemrograman :

1. Scratch

Untuk menggunakan Scratch, kalian dapat memilih untuk memiliki akun atau tidak. Kelebihan memiliki akun ialah dapat menyimpan semua hasil proyek Scratch.


Mengenal “Universe” Scratch

  1. Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.
  2. Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).
  3. Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.
  4. Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek. Grid ini memiliki titik X dan Y yang berpusat di tengah, contohnya:                                                                 Titik X dan Y ini membantu untuk penentuan posisi dari objek.
  5. Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.
  6. Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D.
  7. Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.
  8. Menu H: Nama proyek yang dibuat. 





Posting Komentar

0 Komentar