8.a. Catatan hasil praktik pembelajaran siklus II
1. Setelah mempelajari materi ini , peserta didik diharapkan mampu menyebutkan jenis-jenis perangkat keras komputer, sistem operasi, serta aplikasi komputer dengan benar
2. Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi jenis-jenis perangkat keras komputer, sistem operasi, serta aplikasi komputer dengan benar
3. Setelah mempelajari materi ini , peserta didik diharapkan mampu menyebutkan fungsi perangkat keras komputer, sistem operasi, serta aplikasi komputer dengan benar
4. Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu menjelaskan cara mematikan komputer dengan benar
5. Setelah mempelajari materi ini , peserta didik diharapkan mampu menerapkan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar berbagai piranti dengan baik
Sumber Belajar
· Buku Pegangan : Henry Pandia (2019). Informatika untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta:Erlangga
· Buku Referensi:Henry Pandia (2008). Teknologi Informatika dan Komunikasi untuk SMP/MTS Kelas VII.Jakarta: Erlangga
Pertemuan Ke-1 (Sinkronus)
Pendahuluan (10 menit)
· Guru menyapa siswa dan melakukan presensi online dalam channel Informatika pada aplikasi Ms. Teams
· Guru lalu mengucapkan terima kasih pada peserta didik yang sudah hadir
· Peserta didik membantu guru untuk mengidentifikasi teman yang belum hadir
· Guru mengajak berdoa sebelum mulai pembelajaran
· Guru memberikan informasi pada chanel Infomatika berupa link video, materi, tugas dan evaluasi
Kegiatan Inti (30 menit)
· Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran untuk materi yang akan dipelajari
· Guru menanyangkan video tentang sistem kerja komputer dari link di Ms. Teams
· Peserta didik memberikan tanggapan dan pertanyaan tentang video yang ditanyangkan
· Guru menayangkan materi tentang perangkat keras komputer dari link di Ms. Teams
· Guru menjelaskan materi perangkat keras komputer yang ditanyangkan
· Peserta didik mengamati dan memahami serta mengidentifikasi masalah secara individu dan mengajukan hal-hal yang belum dipahami pada materi yang disajikan
· Apabila peserta didik mengalami kesulitan, maka guru mempersilahkan peserta didik lain untuk memberikan tanggapan dan guru memberikan bantuan jika peserta didik kesulitan
· Guru memberikan kuis di Ms. Teams untuk memotivasi siswa agar aktif dan untuk mengetahui pemahaman materi yang diberikan
· Guru meminta peserta didik berdiskusi dengan kelompok yang sudah dibentuk untuk berdiskusi dalam di LMS tentang perangkat input, proses dan output
· Guru meminta peserta didik menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok untuk dipresentasikan hasil diskusi mereka melalui aplikasi web meeting di MS. Teams
· Guru melibatkan peserta didik mengevaluasi jawaban kelompok lain dan mengapresiasi hasil kerja peserta didik
· Guru meminta peserta didik untuk melakukan refleksi dari materi yang diberikan
Penutup (5 menit)
· Guru mengevaluasi aktivitas pembelajaran dan memberikan umpan balik serta motivasi untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan
· Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
· Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu sistem operasi komputer dan android.
· Guru mengucapkan terima kasih dan mengajak berdoa mengakhiri pembelajaran
Pertemuan 1
a. Link Video tentang Perangkat Keras Komputer : https://youtu.be/oe45WyD4chg
b. Link Materi Perangkat Keras Komputer :
https://sway.office.com/iuesnr5Kr5YZdimD?ref=Link
c. Link Tugas :
https://forms.office.com/Pages/ResponsePage.aspx?id=KrUSZlRG50G023KyxiWrc_U6WW5JM6JEuKpHvdRECUNURVlRV1RMMEhQMzVKNUJBOVJBU1dYWjNZOS4u
d. Link Penilaian Harian :
https://forms.office.com/Pages/ResponsePage.aspx?id=KrUSZlRG50G023KyxiWrc_U6WW5JM6JEuKpHvdRECUNUMVlCUVZMWUVEVVVKUTNLQTBWNUVVMDVaMS4u