Ticker

6/recent/ticker-posts

7.10.2.1 Koneksi

  7.10.2.1 Koneksi

Pada kegiatan ini, Saudara diminta melakukan curah pendapat mengenai  Video  Pembelajaran. 

1

Untuk pembelajaran daring saat ini dalam tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian perlu disederhanakan sesuai kondisi sekolah namun tidak mengurangi struktur baku, termasuk kebutuhan LKPD, media pembelajaran dan juga alokasi waktu lebih fleksible, karena siswa dalam PJJ sering tidak bisa bergabung dalam PJJ. Untuk penilaian mencakup mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan didalamnya terdapat instrumen dan rubrik penilaian.

Question #2

2

Untuk pembuatan video praktik pembelajaran menggunakan software yang dapat digunakan secara gratis dan mudah dimplemetasikan juga mendukung perangkat yang ada. Yang saya lakukan dengan praktik langsung bersama siswa pada Ms.Teams lalu saya rekam dengan software screen recording dari awal sampai akhir pembelajaran

Question #3

3

Editing video saya menggunakan aplikasi filmora yang mudah digunakan dan mendukung perangkat yang saya miliki. Dalam proses editing diperlukan ketelitian dalam memotong hal-hal yang perlu ditampilakn dalam video berdasarkan tahapan pada RPP, meskipun ada beberapa tahap yang hanya di lewati/skip karena mengikuti durasi waktu yangsudah ditentukan

Question #4

4

Kesulitan yang saya temui dalam editing adalah ketika dalam diskusi atau dalam pemaparan materi ternyata siswa aktif menanggapi sehingga dalam memotong video harus benar-benar dilakukan dengan teliti agar Langkah-langkap dalam RPP termuat dalam video praktik pembelajaran

Question #5

5

Setelah melihat video praktik pembelajaran yang telah saya buat ternyata banyak hal yang harus saya perbaiki salah satunya dalam penyampaian materi harus jelas sesuai dengan langkah-langkah dalam RPP yang telah disusun sehingga pembelajaran sistematis dan urut sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan

Question #6

6

Yang perlu direview menurut saya adalah kegiatan yang dilakukan siswa, dengan memperhatikan keaktifan siswa dalam pembelajaran, apabila kurang aktif mungkin dalam kegiatan pembelajaran belum memenuhi aktifitas yang mengandung unsur HOTS seperti pada taksonomi bloom


Question #7

7

Yang diperlukan dalam review pemenuhan TPACk adalah dengan menganalisis karakteristik peserta didik, apakah cocok untuk diberikan atau tidak dengan kondisi yang ada pada peserta didik sehingga peserta didik mendapat manfaat dari pembelajaran yang kita berikan

Question #8

8

Bahan ajar yang disusun memuat komponen-komponen inti seperti judul, peta konsep, KD, tujuan pembelajaran sesuai RPP dan IPK, lalu materi yang akan diberikan dan latihan soal tes formatif dan sumber atau referensi ditambahkan dalam daftar pustaka

Question #9

9

Pemenuhan HOTS dalam bahan ajar termuat dalam instrumen contoh soal dan latihan soal.  Soal sulit belum tentu HOTS namun soal HOTS mempunyai karakteristik bersifat kontekstual dan dapat berupa pengalaman proses belajar


Question #10

10

LKPD merupakan soal-soal untuk merangsang peserta didik sejauh mana memahami materi yang diberikan. Sehingga setelah mengerjakan LKPD peserta didik dapat berpikir kritis dan tingkat tinggi dari sebelumnya seperti dapat menganalisis, mendefinisikan dan menyimpulkan bahkan dapat menerapkan dari permasalahan yang telah diberikan

Question #11

11

Dalam pemenuhan unsur HOTS pada aspek pengetahuan dapat diberikan permasalahan yang merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dan dalam aspek keterampilan berupa permasalahan yang menciptakan kreatifitas sesuai unsur dalam taksonomi bloom