4.6.2.3 Refleksi Pembelajaran
Saudara telah memahami pengembangan LKPD. Selanjutnya silakan refleksikan pembelajaran yang telah Saudara dapatkan pada sesi ini dengan menjawab pertanyan-pertanyaan berikut ini!
Jawab :
6..2.F REFLEKSI PEMBELAJARAN Question #1 Hal penting apa saja yang harus dilakukan dalam mempersiapkan LKPD?
Yang harus dilakukan dalam mempersiapkan LKPD menurut saya adalah
Melakukan analisis kurikulum yaitu analisis komptensi dasar sesuai dengan tujuan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, sehingga LKPD yang dibuat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar sesuai RPP yang disusun. Membuat rangkuman baik berupa peta konsep maupun bentuk lain yang memudahkan peserta didik memahami materi LKDP yang dibuat menarik, atraktif dan impulsive menambah rasa keyakinan siswa memahami materi dan memotivasi peserta didik untuk mengetahuai lebih lanjut Question #2 Pada bagian manakah terdapat hal yang menarik dari kegiatan mengembangkan LKPD ini? Apa alasannya?
Kegiatan yang menarik dalam mengembangkan LKPD menurut saya adalah ketika memberikan beberapa permasalahan tentang masalah yang dapat memberikan rangsangan atau stimulus kepada peserta didik agar berpikir kreatif dan belajar mandiri, serta memotivasi peserta didik akan minat literasi dan dispilin
Question #3 Bagaimana strategi yang efektif dalam mengembangkan LKPD?
Salah satu strategi yang cukup efektif berdasarkan pengalaman saya dengan memberikan langkah-langkah pengerjaan, ataupun memberikan video tutorial sehingga siswa dapat mengerjakan tugas secara mandiri
Question #4 Apa yang menjadi kesulitan dalam mengembangkan LKPD?
Kesulitan saya dalam pengembangan LKPD adalah membuat LKPD HOTS karena hampir semua soal ada diinternet dan mengiplementasikan TPACK yaitu pada unsur Art sebab tidak semua materi terdapat unsur itu.
Question #5 Apa saja yang ingin Saudara tingkatkan dalam mengembangkan LKPD?
Yang ingin saya tingkatkan dalam mengembangkan LKPD adalah bentuk dan tampilan serta desain yang menarik sehingga dapat menarik minat peserta didik dalam mengerjakan dan memotivasi peserta didik untuk membaca serta belajar mandiri