1. Rancangan Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Problem Based Learning
Kegiatan LiterasiPeserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Metode pembuktian langsung dan tidak langsung dengan cara : melihat, mengamati, membaca dari berbagai sumber.
Critical Thinking (Berpikir Kritik)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya mengajukan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat
Collaboration (Kerjasama)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Membaca sumber lain selain buku teks
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk :
Mendiskusikan bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Mengumpulkan informasi tentang materi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang materi dengan rasa percaya diri sesuai dengan pemahamannya
Saling tukar informasi tentang materi yang dipelajari
Creativity
Peserta didik membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang baru diselesaikan
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah
2. Penilaian pada pembelajaran Abad 21
1. Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
Dengan lembar pengamatan à Penilaian Autentik
2. Penilaian Pengetahuan
Tugas berupa soal tertulis, postes, tes tertulis à Penilaian Tradisional
3. Penilaian Ketrampilan
Kumpulan tugas-tugas siswa à Penilaian Portofolio