Ticker

6/recent/ticker-posts

A.2.2.6. Diskusi Penerapan

 1.     Rancangan Pembelajaran


Metode Pembelajaran   : Problem Based Learning

Kegiatan Literasi

  • Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Metode pembuktian langsung dan tidak langsung dengan cara : melihat, mengamati, membaca dari berbagai sumber.

Critical Thinking (Berpikir Kritik)

  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya  mengajukan pertanyaan tentang materi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat

Collaboration (Kerjasama)

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

  • Mengamati obyek/kejadian

  • Membaca sumber lain selain buku teks

  • Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami

  •  Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk :

  • Mendiskusikan bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi

  • Mengumpulkan informasi  tentang materi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  • Mempresentasikan ulang materi dengan rasa percaya diri sesuai dengan pemahamannya

  • Saling tukar informasi tentang materi yang dipelajari

Creativity

  • Peserta didik  membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  yang baru dilakukan.

  • Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang baru diselesaikan

  • Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah


2.     Penilaian pada pembelajaran Abad 21

1.     Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial

        Dengan lembar pengamatan Ã  Penilaian Autentik

2.     Penilaian Pengetahuan

         Tugas berupa soal tertulis, postes, tes tertulis Ã  Penilaian Tradisional

3.     Penilaian Ketrampilan

         Kumpulan tugas-tugas siswa Ã  Penilaian Portofolio